Snippet

A Little Inspiration and experience


From Muhammad Candra Fajar ( Alumni SMAPTA 2011 )

Almost one year I was passed from Senior High School 7 of Kediri. But, up to now I'm always ask around how did I get here. The place even earlier I haven't imagine it.

Everything start from desire to be something different. At those moment I remembered that doing common will be result common too. Therefore I tried to do something unusual. I trust that Allah doesn't in vain effort his creation, so I never doubt to do more to reach my dreaming.

Saying like that too, actually I really confused to choose suitable collage.

Early on grade twelve until first semester ended, I don't know about college which I want to go. Many alumni come to school to promote his college. Many teachers also suggest some college. Yet all of that only become my reference not more. Even I confused think about this. If occur situation like that the best act is forget all about problem.

lalalala~

After refresh, this is the big revolution for me. Somehow I think what I was already do in the past. I think that if I only enter college which a lot my friends also want. Everything what I was do in the SHS will useless, so I want to enter college which my friend almost not enroll there. It looks idealistic, but trust that almost 17th years I life the thought of idealistic like that as it often appear.

Finally my choice felt to University of Indonesia. Why I could determine my choice to UI? At that time actually my consideration was very simple, I considered that university which take name of nation surely high-reputation university. This consideration was supported that my friends not a lot enroll there. It means my desire enroll to college different from others accepted. But struggle to reach dream don't stop until here. It only about prestige.

Then, begin seek information about UI to guidance-counseling, and what you know the answer? Instead they give suggestion in order not to enroll there. Seem I quite understand why my friends don't apply UI. Nothing information instead barrier I get.

Afterwards, I try to seek information pass through pal other school with same desire. Begin from there I was given phone number his alumni who studied in UI. Directly I ask various about UI. And I heard that UI's representation will promote in my school. Wow it amazing I thought, i can ask a lot there. Before i guess that UI won't come to school because no one representation from my school continued in UI.

The day when UI's presentation, although the presentation not good enough but the information serve very good. First thing which I amaze for UI is tuition very cheap if compare with others. High-classes university like UI but the tuition adapting condition of parent financial. They mention it as Equitable-Education Operational Expense or popular named in Indonesian as Biaya Operasional Pendidikan - Berkeadilan (BOP-B). That is the biggest motivation desire continued in UI. I won't burden my parent with my high tuition.

After I get a lot of UI's information, Last January I begin to study hard prepare for Written- National Selection for Entering State College (SNMPTN Tulis).

Why I prepare for written exam? Don't I selected as nomination invitation (SNMPTN Undangan)? Oh no, Actually I also selected as nomination for invitation but I feel that invitation like as lottery. So i think that better to prepare for written test, if qualified on invitation alhamdulillah but if not we have been preparing for written.

On invitation i choose only UI, second choices I don't take because I'm only comfort to UI. On invitation I take Accountancy as first, Economic Science second, and Fiscal Administration as third. Its not important tell about invitation.

I sure hard study. I'm special taking time for only learn SNMPTN, I take Sunday. Monday until Saturday for preparing national exam and Monday special for SNMPTN. When I playing? A long January until SNMPTN I'm sure never play. My style of study is simple, everyday if there rest time, it can be done for study.

Almost 3 month I learned SNMPTN, enter April I take a rest for SNMPTN and change my focus to National Exam. How I prepare for national exam? Continued on next note...

Translate from Google Translate :

Hampir satu tahun saya lulus dari SMA 7 Kediri. Tapi, sampai sekarang aku selalu bertanya-tanya bagaimana aku sampai di sini. Tempat itu bahkan sebelumnya saya tidak membayangkannya.

Semuanya mulai dari keinginan untuk menjadi sesuatu yang berbeda. Pada saat yang saya ingat bahwa melakukan umum akan menghasilkan umum juga. Oleh karena itu saya mencoba melakukan sesuatu yang tidak biasa. Saya percaya bahwa Allah tidak dengan sia-sia upaya ciptaan-Nya, jadi aku tidak pernah ragu untuk berbuat lebih banyak untuk mencapai mimpi saya.


Mengatakan seperti itu juga, sebenarnya saya benar-benar bingung untuk memilih kolase yang cocok.
Awal kelas dua belas sampai dengan semester pertama berakhir, saya tidak tahu tentang perguruan tinggi yang saya ingin pergi. Banyak alumni datang ke sekolah untuk mempromosikan kuliahnya. Banyak guru juga menyarankan beberapa perguruan tinggi. Namun semua itu hanya menjadi referensi saya tidak lebih. Bahkan saya bingung memikirkan hal ini. Jika terjadi situasi seperti itu tindakan terbaik adalah melupakan masalah.


lalalala ~


Setelah refresh, ini adalah revolusi besar bagi saya. Entah bagaimana aku berpikir apa yang saya sudah lakukan di masa lalu. Saya berpikir bahwa jika saya hanya memasuki perguruan tinggi yang banyak teman-teman saya juga ingin. Segala apa yang saya lakukan dalam SHS akan berguna, jadi saya ingin memasuki perguruan tinggi yang teman saya hampir tidak mendaftar di sana. Ini terlihat idealis, tapi kepercayaan yang hampir 17 tahun saya hidup pemikiran idealis seperti itu seperti yang sering muncul.


Akhirnya pilihan saya merasa untuk Universitas Indonesia. Mengapa aku bisa menentukan pilihan saya ke UI? Pada saat itu sebenarnya pertimbangan saya sangat sederhana, saya menilai bahwa universitas yang mengambil nama bangsa pasti universitas reputasi tinggi. Pertimbangan ini didukung teman-temanku tidak banyak mendaftar di sana. Ini berarti keinginan saya mendaftarkan diri ke perguruan tinggi berbeda dari orang lain diterima. Tapi perjuangan untuk mencapai impian tidak berhenti sampai di sini. Ini hanya tentang gengsi.
Kemudian, mulai mencari informasi tentang UI untuk bimbingan-konseling, dan apa yang Anda tahu jawabannya? Sebaliknya mereka memberikan saran agar tidak mendaftar di sana. Tampaknya saya mengerti mengapa teman-teman saya tidak berlaku UI. Tidak ada informasi bukan penghalang saya dapatkan.


Setelah itu, saya mencoba untuk mencari informasi melalui lulus sekolah sobat lain dengan keinginan yang sama. Mulailah dari sana saya diberi nomor telepon alumni nya yang belajar di UI. Langsung saya bertanya tentang berbagai UI. Dan aku mendengar bahwa perwakilan UI akan mempromosikan di sekolah saya. Wow menakjubkan saya berpikir, saya bisa mengajukan banyak di sana. Sebelum saya kira UI yang tidak akan datang ke sekolah karena tidak ada satu perwakilan dari sekolah saya terus di UI.


Hari ketika presentasi UI, meskipun presentasi tidak cukup baik tapi informasi melayani sangat baik. Hal pertama yang saya memukau untuk UI adalah pendidikan sangat murah jika dibandingkan dengan orang lain. Tinggi kelas universitas seperti UI namun kondisi sekolah beradaptasi induk keuangan. Mereka menyebutkan sebagai adil-Pendidikan Beban Operasional atau populer disebut dalam bahasa Indonesia sebagai Biaya Operasional Pendidikan - Berkeadilan (BOP-B). Itu adalah keinginan motivasi terbesar berlanjut di UI. Saya tidak akan membebani orang tua saya dengan kuliah saya yang tinggi.


Setelah saya mendapatkan banyak informasi UI, Januari lalu saya mulai belajar keras mempersiapkan Tertulis-Nasional Seleksi untuk Memasuki State College (SNMPTN tulis).
Mengapa saya mempersiapkan diri untuk ujian tertulis? Jangan saya pilih sebagai undangan nominasi (SNMPTN Undangan)? Oh tidak, Sebenarnya saya juga terpilih sebagai nominasi untuk undangan tapi saya merasa bahwa undangan seperti sebagai undian. Jadi saya berpikir bahwa lebih baik untuk mempersiapkan tes tertulis, jika memenuhi syarat pada alhamdulillah undangan tetapi jika tidak kita telah mempersiapkan tertulis.


Pada undangan saya memilih hanya UI, pilihan kedua saya tidak mengambil karena saya hanya menghibur ke UI. Pada undangan saya ambil Akuntansi sebagai pertama, Ilmu Ekonomi kedua, dan Administrasi Fiskal sebagai ketiga. Yang tidak penting menceritakan tentang undangan.
Saya yakin belajar keras. Aku khusus meluangkan waktu untuk belajar hanya SNMPTN, saya ambil hari Minggu. Senin sampai Sabtu untuk mempersiapkan ujian nasional dan Senin khusus untuk SNMPTN. Ketika saya bermain? Sebuah Januari lama sampai SNMPTN saya yakin tidak pernah bermain. Gaya studi saya sederhana, sehari-hari jika ada waktu istirahat, itu bisa dilakukan untuk belajar.
Hampir 3 bulan saya belajar SNMPTN, masukkan April saya beristirahat untuk SNMPTN dan mengubah fokus saya untuk Ujian Nasional. Bagaimana saya mempersiapkan diri untuk ujian nasional? Lanjutan pada catatan berikutnya ...


Muhammad Candra Fajar

University of Indonesia

Leave a Reply